Jurnal pdf akseptor kb pil dengan kenaikan berat badan

Diharapkan untuk ibu-ibu yang menggunakan kontrasepsi hormonal baik jenis suntikan, pil dan implant untuk menjaga pola makan dan olahraga guna menghindari kenaikan berat badan yang berlebihan.

Jenis suntikan kombinasi adalah 25 mg depo medroksipro gestron acetat dan 5 mg estrogen sipioral yang di berikan injeksi 1.

HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL DENGAN KENAIKAN

Untuk petugas kesehatan agar memberi penyuluhan kepada akseptor kontrasepsi hormonal tentang cara menghindari kenaikan berat badan yang berlebihan melalui pengaturan pola makan dan olahraga.

Mekanisme kerja Suntikan KB. Mencegah Ovulasi Kadar FSHdan LH menurun dan tidak terjadi sentakan LH LH serge respon kelenjar Hypophyse tergadap goradotropin releasing hormon ensogenous tidak berubah sehingga membri kesan proses terjadi di hipotelamus dari pada di kelenjar hypophyse.

Mengatur interval diantara kehamilan e. Keluarga Berencana menurut WHO World Health Organisationexpert committee adalah tindakan yang membantu individu atau asangan suami istri untuk: Using secondary data. Akseptor Suntik KB Akseptor Keluarga Berencana adalah pasangan usia subur yang telah memilih dan menggunakan suatu metode kontrasepsi tertentu.

Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik purposive sampling. Mendapatkan obyektif tertentu b. Status pekerjaan dapat berpengaruh terhadap keikutsertaan dalam KB karena adanya faktor pengaruh lingkungan pekerjaan yang mendorong seseorang untuk ikut dalam KB, sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi status dalam pemakaian kontrasepsi.

The purpose of this research was to find out the relation of hormonal contraception usage and weight gain on hormonal contraception acceptor. Diperkirakan sekarang ini lebih dari 60 juta wanita di dunia menggunakan kontrasepsi oral dan lebih dari 10 juta menggunakan sediaan suntikan dan implant Baziad, Sedangkan peserta KB aktif di Provinsi Aceh secara keseluruhan pada bulan juli mencapaiPendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan pengetahuan dan persepsi seseorang terhadap pentingnya sesuatu hal, termasuk pentingnya keikutsertaan dalam KB.

The research design was descriptive correlative with cross sectional approach and 54 respondents were picked by using purposive sampling technique. Pencapaian peserta KB aktif semua metode kontrasepsi pada bulan Desember di Jawa Timur sebanyak 5. Pembangunan Gerakan Keluarga Berencana Nasional ditujukan terutama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Dalam memilih suatu metode, wanita harus menimbang berbagai faktor, termasuk status kesehatan mereka, efek samping potensial suatu metode, konsekuensi terhadap kehamilan yang tidak diinginkan, besarnya keluarga yang diinginkan, kerja sama pasangan dan norma budaya mengenai kemampuan mempunyai anak Maryani, Kelemahan dari kontrasepsi suntik adalah terganggunya pola haid diantaranya adalah amenorhoe, menoragia dan muncul bercak spottingterlambatnya kembali kesuburan setelah penghentian pemakaian, pertambahan berat badan 2 kg dari berat badan pada kunjungan pertama Saifuddin, Alasan pemilihan lokasi tersebut pada penelitian ini dikarenakan tersedianya sampel yang memadai.

0 JURNAL PI_PARADIAN, AMALINA, HARPENI

Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 54 responden yang menggunakan kontrasepsi hormonal. Akseptor atau peserta KB ganti cara, yaitu peserta KB yang berganti pemakaian dari suatu metode kontrasepsi ke metode kontrasepsi lainnya.

Kata Kunci: H, Manfaat Bagi Peneliti lain atau selanjutnya Menambah pengetahuan dan wawasan baru tentang metode penelitian serta mampu mengaplikasikan dalam praktek dan sebagai data dasar untuk penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan kontrasepsi.

Sampling was done by purposive sampling technique. Sampel objek yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dicatat dalam lembar observasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara proporsional random sampling yaitu setiap anggota dan unit dari populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk diambil sebagai sampel dengan cara mengundi anggota populasi lottery technique atau teknik random.

Menggunakan data sekunder. Kebanyakan jenis hormon yang terkandung dalam kontrasepsi hormonal adalah jenis hormon sintetik, kecuali yang terkandung dalam depo medroksiprogesteron depo MPAyang jenis hormonnya adalah progesteron alamiah Baziad, Download Jurnal Kesehatan Andalas.

Tujuan Penelitian Adapun tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: Efek samping kontrasepsi suntik yang paling tinggi frekuensinya yaitu peningkatan berat badan.Download kontrasepsi suntikan dengan kenaikan berat badan (p-value = 0,) dan ada hubungan antara penggunaan.

dari bidan desa Batoh, hingga akhir bulan 3 maret terdapat akseptor (suntikan sebanyak 62 akseptor, pil sebanyak bukan faktor utama yang menyebabkan kenaikan berat badan ditunjukkan hasil uji signifikansi chi square Cochran Mantel dan Haenszel didapatkan hasil X 2 Mantel dan Haenszel sebesar dengan.

HUBUNGAN KONTRASEPSI SUNTIK DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN AKSEPTOR, Free Medical eBooks-Lectures- Medical Videos -pdf-journal-askep, HUBUNGAN KONTRASEPSI SUNTIK DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN AKSEPTOR. Rata-rata kenaikan berat badan pada akseptor KB suntik kombinasi dan DMPA.

Tabel 4. 2 Rata-rata Kenaikan Berat Badan pada AkseptorKB Suntik Kombinasi dan DMPA Jenis KB Suntik BB Awal Mean ± Std Kombinasi 47,69 3,76 DMPA 49,33 2,62 Berdasarkan tabel dapat.

Dari keseluruhan data yang telah dipaparkan di atas, untuk memperkecil resiko pemakaian kontrasepsi terhadap peningkatan berat badan perlu diadakannya penyuluhan yang menyeluruh kepada seluruh akseptor KB baik yang terkait dengan kesehatan alat reproduksi, kesehatan ibu Author: Bejo Net Community.

jurnal kebidanan dan kesehatan (journal of midwifery and health) diterbitkan oleh akademi kebidanan mardi rahayu kudus vol. 7, no. 1 issn: vol. 7, no. 1 kudus hal. januari hubungan lama penggunaan kb suntik dmpa dengan peningkatan berat badan pada akseptor kb di klinik pratama lestari wedarijaksa pati sri hadi sulistiyaningsih hubungan mutu pelayanan anc dengan frekuensi.

Jurnal pdf akseptor kb pil dengan kenaikan berat badan
Rated 3/5 based on 23 review